Vitamin Untuk Kulit Kita

“Kulit”….hmm…secara ga sadar kita suka lupa ama kesehatan kulit..kadang yg kita pikirin cuma wajaaah aja…padahal kulit ituh ya seluruh badan kita…gak hanya untuk kesehatan tubuh kita…tp kulit kita jg perlu dijaga..itu jg kalo kita mau terlihat cantik dan seger sampai kita tua..

Ini siy gara2 gw lg ngegosip bareng Dini temen Kuliah gw…kita ngobrol2in soal betapa ternyata kita udah makin berumur aja..haha…n’ dari dialah gw dpt info2 bagus…bahwa kulit kita tuh jg harus dijaga..toh kita cewe gamau donk terlihat keriput nanti…khan kita harus tetep cantik biar suami tambah sayang (Hayaahh suaamii…hahahaha)..so gw mau kasi info aja buat temen2 semua…gw dpt dari artikel2 dan saran temen2 gw…

Untuk mendapatkan asupan vitamin yang cukup, kita bisa mendapatkannya lewat makanan. Alternatif lainnya adalah melalui tambahan suplemen. Untuk kulit, tambahan suplemen ini bisa didapatkan secara oral (diminum) maupun berupa kosmetik yang dapat dioleskan pada permukaan kulit. Dua macam cara ini bermanfaat untuk membantu melawan penuaan dini pada kulit. Berikut ini adalah beberapa vitamin yang berguna menjaga kesehatan kulit Anda.

1. Vitamin A
Fungsi utama vitamin A pada proses penyehatan kulit adalah mendukung perkembangan dan regenerasi sel-sel kulit. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan kulit kering dan bersisik. Produk-produk Vitamin A merangsang pembelahan sel pada kulit bagian atas dan meningkatkan fungsi sel-sel yang melindungi kulit. Sebagian besar vitamin A ini dikemas dalam bentuk vitamin yang siap pakai dan pelembap kulit dengan pelindung Ultraviolet bagi kulit yang kering. Saripati dari vitamin ini dikenal dengan nama Retin A, maupun Retinol/Retinoid. Bahan ini kini kerap dijumpai pada produk-produk perawatan kulit karena manfaatnya untuk meluruhkan kulit mati, sehingga sesuai untuk kulit yang berkerut (lapisan kulit atas luruh hingga yang nampak adalah kulit lapisan bawah yang lebih segar), dan juga kulit berjerawat (kandungan asamnya membuka sumbatan yang ada pada pori-pori kulit).

2. Vitamin B
Fungsinya untuk menjaga kelembaban dan meregenerasikan kulit Zat Panthenol yang dihasilkan dari vitamin B adalah satu-satunya zat dari vitamin yang dapat dioleskan pada bagian luar kulit, dan dapat diserap sampai lapisan kulit bagian dalam. Manfaatnya adalah menjaga keseimbangan dan sekaligus menjaga kelembapan, sehingga efeknya menyeimbangkan dan menjaga kelembaban kulit. Karena sifatnya yang lembut dan mampu memperbaharui jaringan sel kulit, juga efeknya yang ringan di sinar matahari, maka tidaklah mengherankan jika vitamin ini sering dikemas dalam produk-produk perawatan kulit harian maupun malam hari. (Day cream dan Night cream)

3. Vitamin C
Manfaat utamanya adalah mengurangi kerusakan sel dan menguatkan jaringan kolagen. Sel-sel tubuh kita, termasuk juga sel-sel kulit tiap hari “digempur” oleh zat perusak bernama radikal bebas, yang mana zat perusak mengandung banyak sinar ultar violet dari matahari, polusi, bahkan juga stress yang dialami oleh tubuh kita sendiri. Untuk melawan zat radikal bebas tesebutlah kita membutuhkan vitamin C. Vitamin C berfungsi sebagai penangkap zat-zat radikal tersebut (disebut dengan istilah antloksidan) dan melindungi sel-sel kulit dan tubuh. Selain itu vitamin C juga dapat menggerakkan aktivitas sel kulit dan memantau pembetukan jaringan kolegen (jaringan yang membuat kulit elastis) serta membantu proses penyembuhan. Vitamin ini biasanya dikemas dalam kapsul kecil, atau dicampur dengan emulsi yang lain karena sifat dari vitamin ini yang rapuh dan mudah terurai.

4. Vitamin E
Berfungsi sebagai penangkap zat radikal atau antioksidan dan pelindung kulit. Kekurangan vitamin ini membuat kulit nampak berkerut. Fungsi dari vitamin E ini sama seperti vitamin C, yaitu sebagai penangkap zat radikal, memperbaiki penuaan dini pada kulit serta memperbaiki kelembabannya. Kelebihan lainnya adalah vitamin E ini juga memelihara, bahkan meningkatkan tingkat kekenyalan/elastitas pada kulit. Ini berarti dengan vitamin E kulit dapat bertahan untuk nampak lebih kecang dan tidak mudah berkerut. Vitamin ini juga mengurangi infeksi karenanya vitamin E ini sangat baik untuk kulit yang sensitif, contohnya sensitif pada sengatan matahari. Pada produk-produk pelindung kulit/tabir surya, vitamin ini digunakan sebagai penghalang melawan efek-efek luar yang dapat menyebabkan kekeringan pada kulit.

3 Comments »

  1. asuna17 Said:

    Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!

    http://www.infogue.com/

    http://infogue.com/kesehatan/vitamin_untuk_kulit_kita/

  2. IMA Said:

    mmm…lumayan kreatif……lok bisa lebih detail lagi misalnya pada makanan ini terkandung zat ini……untuk cara pemakaian.dll
    salam kenal…

  3. neng Said:

    bgus bgt,, ngasi pngetahuan ttg kulit.. mgkin nanti bs lbih di uraikn lg g macam2 vit nya, kya vit B1, B2, B6, dll. byr lbh jls,, mkcio,,,,


{ RSS feed for comments on this post} · { TrackBack URI }

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: